Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2024, 14:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mengerjakan berbagai proyek infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu infrastruktur yang dibangun adalah Hero Memorial. Spesialnya, monumen ini dirancang oleh Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 yang juga Kurator IKN Ridwan Kamil.

Seperti dikutip dari akun instagram resminya, @ridwankamil, ia menjelaskan desain Hero Memorial atau Plaza Pahlawan ini akan mengusung konsep Gugur Bunga.

Baca juga: Jalur dan Halte Kereta Tanpa Rel IKN Bakal Berbagi dengan Bus

Terdapat enam patung kelopak bunga yang bertulisan ribuan nama pahlawan Indonesia. Kemudian di tengah kelopak bunga akan berdiri tegak dua elips dari telur yang terbelah dua.

“Sebelum pecah, elips telur mencerminkan masa penjajahan yang begitu panjang. Dan saat pecah, mencerminkan momen lahirnya negara ini melalui proklamasi kemerdekaannya,” tulis Ridwan.

Menurutnya, elips telur yang terbelah dua tersebut menjadi rumah bagi patung Bung Karno dan Bung Hatta yang dirancang dalam posisi duduk merenung serius dan bahagia melihat ke tengah, ke arah api abadi.

“Api abadi adalah simbol dari abadinya kejayaan bangsa Indonesia sampai akhir jaman,” paparnya.

Plaza Pahlawan sendiri berdiri di atas bukit yang di belakangnya tegak tiang bendera tertinggi di Indonesia.

Baca juga: IPA Sepaku Beroperasi Juni, Pasok Air Minum di Kawasan IKN

“Plaza ini dengan gagah berdiri menghadap axial/simetris ke arah istana negara dengan konsep sayap burung Garudanya. Insya Allah akan selesai sebelum 17 Agustus 2024,” tegas Ridwan.

Ridwan menambahkan, dalam pengerjaan konsep Hero Memorial ini, ia dibantu oleh tim teknis dari firma arsitek Yori Antar, tim dari Studio Satiaji Sculpture & Art Work Jogja, serta tim Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com