Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2024, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat kuota Rp 2,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) 2024. Sementara Kota Balikpapan sekitar Rp 1,87 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur Budi Widihartanto mengungkapkan hal itu saat menjawab Kompas.com, usai meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (Serambi), di Samarinda, Senin (18/3/2024).

Menurut Budi, besaran kuota tersebut ditetapkan setelah mempertimbangkan sejumlah faktor, yang mencakup pertumbuhan dan mobilitas penduduk, tunjangan hari raya (THR) ASN dan karyawan swasta, serta gaji ketigabelas.

Kemudian, pertumbuhan ekonomi Kaltim 6,2 persen yang berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Nasional.

Baca juga: Karena IKN Kebutuhan Uang di Kaltim Naik 17,6 Persen, BI Siapkan Rp 4,7 Triliun

"Selain itu, terutama didorong oleh akselerasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sehingga meningkatkan trafik dan mobilitas warga dari dan menuju IKN dan membelanjakan uangnya di Samarinda," urai Budi.

Adapun dalam program Serambi yang merupakan tahun kedua dilaksanakan, Kantor Perwakilan BI Kaltim menyiapkan dana sebesar Rp 4,77 triliun yang bisa ditukarkan oleh masyarakat di 343 titik.

Angka ini meningkat 17,6 persen dibanding tahun 2023, dan menempatkan Kaltim dengan porsi 2,6 persen secara Nasional dari total Rp 197,6 triliun.

Budi menjelaskan, masyarakat bisa menukarkan uang dengan jumlah maksimal Rp 4 juta per orang, mulai Senin 18 Maret hingga Jumat 5 April 2024.

Pemesanan dapat dilakukan melalui situs Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada situs https://pintar.bi.go.id.

Baca juga: Rilis Serambi 2024, BI Balikpapan Siapkan Penukaran Uang Rp 1,87 Triliun

Selain bekerja sama dengan perbankan, juga akan disediakan kas keliling dengan titik sentral di Museum Kota Samarinda, halaman gedung DPRD, di Gerbang Tol (GT) Palaran, dan di Samarinda Square.

Khusus kas keliling, beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 13.00 Wita, dan di Samarinda Square mulai pukul 10.00-14.00 Wita.

"Simpel, tidak perlu antre. Bisa diambil tepat pada pukul yang ditentukan, tidak dikenakan biaya, dan aman karena uangnya berkualitas," urai Budi.

Program Serambi 2024 ini juga dilakukan dengan tujuan meminimalsiasi loket tak resmi, mencegah peredaran uang palsu, dan memangkas pungutan biaya yang dibebankan kepada masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com